Find us on Google+ Kesuksesan dan kedahsyatan P &G memasarkan Produk | Rahasia Informasi Dunia

Saturday, June 9, 2012

Kesuksesan dan kedahsyatan P &G memasarkan Produk

Jangan Lupa di like yawww..!!! Terima Kasih..
Rahasia Informasi Dunia – Kesuksesan dan kedahsyatan P &G dalam memasarkan suatu produk dan menjaring jaringan yang luas guna meningkatkan penjualan dan profit perusahaan .Procter & Gamble .P & G      Dianggap sebagai pemasar  yang paling tera,pil di Amerika Serikat di bidang konsumsi dalam kemasan .Dan hal in sudah di akui secara meluas . Dia menjual produk dlam 6 kelompok –produk yang masing masing selalu ,menjadi moner wahid yaitu :Handuk Kertas (Bountry) , Pelembut Kain Pada Waktu Di cuci(Downy), Popok Yang Langsung Dibuang(Pampers) , deterjen (Tide) , kertas toilet(Charmin) , Pasta Gig(Cest) , Shampoo (Head & Shoulders) , Cairan Pencuci Mulut (Scope).

Kesuksesan dan kedahsyatan P &G dalam memasarkan suatu produk dan menjaring jaringan yang luas guna meningkatkan penjualan dan profit perusahaan  .Procter & Gamble memproduksi dan menyeponsori opera sabun radio pertama pada tahun 1930-an. P&G juga mulai memproduksi film televisi pada tahun 1950 dan 1960-an, di antaranya The Young and the Restless dan As the World Turns.

Kesuksesan dan kedahsyatan P &G dalam memasarkan suatu produk dan menjaring jaringan yang luas guna meningkatkan penjualan dan profit perusahaan  .Mereka juga memproduksi komedi pertama TBS 'serial aslinya,Down to Earth, yang berlari 1984-1987 (110 episode diproduksi).Mereka juga membagikan berdenyut komedi seri sindikasi. Procter& Gamble Productions awalnya ikut memproduksi Dawson Creek dengan Sony Pictures Television tapi mundur sebelum seri perdanakarena tinjauan pers awal. Hal ini juga menghasilkan film TV 1991 ATriumph of Heart: The Ricky Bell Story, yang co-diproduksi olehPerusahaan Landsburg. Hal ini juga memproduksi Choice AwardsRakyat.

Procter & Gamble juga merupakan perusahaan pertama yang memproduksi dan mensponsori acara prime-time. PGP memproduksiShirley, sebuah serial prime-time NBC yang dibintangi Shirley Jones pada tahun 1979 dan berlangsung selama tiga belas episode.
  12 Rahasia kepemimpinan pasar dari P & G :
  •   Perbaikan Produk .  P & G merupakan pembaharuan produk yang aktif .Dia melancarkan merk yang memeberikan manfaat baru bagi konsumen , dan bukannya mrk produk yang sejenis dengan milik pesaing . Strategi itu selalu di dukung dengan iklan yang gencar . Untuk memasarkan Crest , pasta gigi pertama pencegah pembusukan yang efektif ,  P&G membutuhkan waktu sepuluh tahun untuk penelitian dan pengembangannya . Beberapoa tahun lagi di gunakan untuk menelliti shampoo anti ketombe yang sangat efektif , Head & Shoulders.                 Secara sepenuhnya pengujian produk baru pada konsumen diselenggarakan dan hanya apabila itulah yang di pilih oleh konsumen
  •   Strategi Mutu . P &G selalau merancang produk dengan mutu diatas rata . Sekali di lemparkan ke pasar , perushaan akanmengerahkan semua usahanya terus menerus untuk meningkat mutu produk . Bila mereka sudah menyatakan bahwa produknya “baru dan telah di sempurnakan “ , maka itulah yang benar benar terjadi . Hal ini berlawanan dengan beberapa perusahaan lain yang jarang memperbaiki mutu produknya dan juga perusahaan lain lagi yang justru malah mengurangi mutu produk dalam upayanya meraih keuntungan yang lebih banyak.
  •    Penjajaran Produk (Product Flanking ) . P & G memprodusir produk dalam berbagai ukuran dan bentuk agar bias memnuhi berbagai kebutuhan  konsumen .Tindakan ini kemungkinan mendapat ruang lebih besar di rak pajangan toko dan mencegah pesaing masuk ke satu sudut yang tidak terpenuhi kebutuhannya .
  •   Strategi Merk . P & G    merupakan pelopor seni pemasaran dengan berbagai merk untuk kelompok kelompok  produkyang sama. Misalnya ,perusahaan membuat sepuluh merk deterjen dan masing masing di tempatkan pada kedudukan agak berlainan pada pandangan konsumen .Akal yang ia gunakan ialah merancang merk merk untuk memuaskan kebutuhan yang berbeda dan yang akan bersaing dengan merk tertentu milik pesaing . Masing masing manajer yang menangani merk tertentu bekerja secara independen , dan masing masing bersaing secara sehat untuk kepentingan seluruh perusahaan . Dengan cara memiliki beberapa merk Maka P & G berhasil memborong sebagian besar rak rak di toko dan juga lebih mampu mempengaruhi para distributor .
  •   Strategi perluasan merk . P & G sering memanfaatkan merknya yang kuat untuk melansirkan produk yang baru .Sebagai contoh merk Ivory telah di perluas dari hanya sabun mandi ke deterjen dan sabun cair,. Dengan melansirkan produk dengan merk yang sudah kuat , pengakuan ,dan kepercayaan oleh konsumen akan lebih cepat dtang , sehingga biaya perikloanan bias berkurang .
  •   Pengiklanan yang Gencar . P & G  merupakan pengiklanan produk konsumsi dalam kemasan yang terbesar di Amerika . Per tahun di keluarkan uang sebanyak lebih dari $672 juta . Perushaan ini tidak pernah menghemat dalam menggunakan uang yang di tujukan pada timbulnya kesadaran dan pilihan kuat dari konsumen .
  •   Tenaga penjualan yang agresif . P & G  memiliki tenaga pejualan di lapangan yang bermutu tinggi . mereka sangat efektif dalammerebut rak rak di supermarket /toko serta dalam kerja sama dengan pengecer untuk promosi dan pameran di tempat .
  •   Promosi penjualan yang efektif . P & G membentuk departemen promosi penjualan untuk menaasehati manager-merk dalam pemilihan cara promosi yang paling efektif untuk menggapai sasaran tertentu . Departemen ini mempelajari tanggapan konsumen dan penyalur untuk kemudian mengembngkan suatu analisa ilmiah berkenean pad efektifitas pada berbagi situasi yang ada .sementara itu p & G lebih suka untuk memperkecil penggunaan promosi penjualan  dan menggantungkan pada ikan yang membina kesetiaan konsumen dalam jangka panjang .
  •   Ketegaran dalam persaingan . P & G bias berlaku  kersa untuk menghadapi pesaing yang menyerang dangan gencar . Perusahaan ini tidak mau saja mengeluarkan dana yang sanagt besar untuk mengalahkan merk baru yang di luncurkan oleh pesaing dan mencegah mereka memperoleh tempat berpijak di pasar .
  •   Efisiensi Produksi P & G   reputasi tinggi dalam bidang yang di miliki P & G di tandingi dengan prestasi yang di capainya sebagai produsen . Sejumlah besar dana di keluarkan untuk pengembangan dan penyempurnaan operasssi di produksi , agar dengan demikian biaya produksinya bias menjadi yang terendah dalam industry .
  •   Sistem Manajemen  Merk . system ini di pelopori oleh P & G . Dalam system ini satu pejabat harus bertanggung jawab atas suatu merk . Sistem yang bagus ini banyak di tiru oleh banyak pesaingnnya ,tetapi sering tidak berhasil sebagaimana di capai oleh P & G , karena P & G memang selalu  menyempurnakan system ini  dari waktu ke waktu .    


Berikut merupakan produk yang telah sukses dalam memasarkan dan penjualan yang telah di lakukan oleh P&G.
Merek milyaran dolar
  • Ariel adalah merek sebuah deterjen pencuci baju yang tersedia dalam berbagai bentuk dan wangi.
  • Ascend adalah merek sebuah Sampo dan kondisioner yang dipasarkan di wilayah Asia Tenggara dan sebagian India.
  • Bounty adalah merek sebuah tissue dapur (paper towel) yang dijual di AS dan Kanada.
  • Braun adalah produsen alat-alat rumah tangga yang berspesialisasi pada produksi pencukur elektronik, epilaptor, peralatan perawatan rambut, dan blender.
  • CoverGirl adalah merek kosmetik wanita.
  • Crest/Oral B adalah merek produk pasta dan pemutih gigi.
  • Dawn/Fairy adalah merek sabun cuci piring
  • Downy/Lenor merek pelembut pakaian.
  • Duracell merek baterai dan senter
  • Fusion merek pencukur jenggot pria.
  • Gain merek deterjen cuci, pelembut pakaian, dan sabun cuci piring cair.
  • Gillette merek alat cukur pria dan wanita.
  • Head & Shoulders merek shampoo anti-ketombe dan kondisioner.
  • Olay merek produk perawatan kulit wanita.
  • Oral-B merek sikat gigi dan produk perawatan gigi.
  • Pampers merek popok sekali pakai.
  • Pantene merek produk perawatan rambut
  • Rejoice Merek Produk Perawatan rambut yang hanya dipasarkan di wilayah Asia
  • Tide merek deterjen.
  • Vicks Merek Produk farmasi untuk pengobatan batuk, dan saluran pernapasan. di Indonesia, Vicks diproduksi oleh PT Darya Variadibawah lisensi dan pengawasan P&G Indonesia
  • Wella merek produk perawatan rambut (shampoo, kondisioner, styling, dan pewarna rambut).
  • Always/Whisper merek pantyliner yang dipasarkan di Asia.
  • Flash/Mister Clean merek pembersih serbaguna.



Sebagian besar merek di atas, termasuk di antaranya Bounty, Crest, dan Tide, merupakan produk global yang dipasarkan di beberapa negara.

Kalau untuk di pasar Indonesia kesuksesan yang di raiih tidak kalah dengan induknya di pusat amerika sana , yaitu PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan PT Procter & Gamble Home Products Indonesia (P&G) menguasai 90% pasar sampo Indonesia, menurut data berbagai sumber yang dikompilasi Departemen Riset IFT. Pangsa pasar Unilever Indonesia mencapai 50%, sementara pangsa pasar P&G Indonesia sebesar 40%. Sedangkan pasar sampo Indonesia diperkirakan mencapai Rp 500 miliar pada tahun lalu.

Semoga dengan adanya referensi dalam kesuksesan yang telah di raih oleh perusahaan P&G dalam dunia bisnis terutama dalam bidang memasarkan suatu produk .


0 komentar:

Post a Comment