Rahasia Informasi Dunia- meningkatkan
suatu penjualan dengan melakukan teknik promosi dan memasarkan suatu produk
dengan gencar dan secara menyeluruh . Promosi adalah hal yang sangat penting di
dalam suatu perusahaan dalam dunia bisnis .Karena dengan adanya suatu kegiatan
promosi akan dapat meningkakan keuntungan anda di dalam penjualan produk anda
tanpa anda memasarkan suatu produk anda sendiri . manfaat kedua dari adanya
suatu kegiatan marketing adalah produk anda akan menjadi terkenal karena tiap minggu tenaga marketing anda telah mengenalkan
dan juga memasarkan suatu produk melalui kelebihan dan juga kegunaan produk
tersebut . langkah dalam melakukan suatu kegiatan promosi adalah suatu strategi dalam dunia bisnis menyerang namun
sebenarnya ketikan anda melakukan suatu
kegiatan promosi maka yang anda lakukan adalah dengan mengetahui tingkat
kepuasan dan kebutuhan konsumen karena kegiatan promosi itu digunakan untuk
mengenalkan suatu produk dengan menjalankan teknik riset untuk mencari tingkat
kepuasan dan kebutuhan pelanggan serta teknik strateggi ini di namakan dengan
teknik strategi pertahanan aktif yang mendahului . Jika kita sering memperhatikan dalam sistem
peperangan hal yang paling penting
sebenarnya bukan masalah kita perang dan menyerang namun juga sistem pertahan
yang sangat solid untuk dapat menjaga daerah sendiri dari gempuran musuh .
berikut merupakan penjelasan dari sistem bertahan atau lebih di kenal dengan
Kedudukan Bertahan .Namun selain itu harus ada juga elemen penting lainya yang
mendukung pertahan militer sebuah perusahan
di antaranya Pertahaan sisi (Flanking Defense) ; Pertahanan Aktif
mendahaului (Preemtive Defense) ; Pertahanan Serang Balas(Counterofffensive) ;
Pertahanan Mobilitas ; Aksi penciutan.
Pertahanan Aktif Mendahului
(Preemtive defense). Manuver pertahanan
yang paling agresif ialah benar benar menyerang lawan sebelum lawan tersebut
menyerangnya . Dengan demikian perusahaan melakukan suatu yang kedengarannnya
melawan , yaitu pertahanan yang menyerang tanpa mereka mengetahui suatu system penyerangan
yang jika di lihat oleh suatu perusahaan competitor perusahaan hanya berdiam diri dan
bertahan saja . Sisitem pertahanan aktif mendahului in menganut satu pesan
bahwa “setitik pencegahan bernilai lebih dari sebelangga pengobatan “.maksud
dari makna kata tersebut adalah dengan anda melakukan suatu pencegahan yang
akan terjadi terhadap suatu perusahaan anda ketika tingkat kepuasan pelanggan
tidak terpenuhi dan malah akan menjadi boomerang dalam perusahaan anda , di
bandingkan anda memperbaiki suatu kehancuran perushaan anda .Misalnya saja
perusahaan dapat menyerang pesaing yang bagian pasarnya sedang menuju satu
tingkat yang membahayakan . yaitu ketika bagian pasar milik Chrysler mulai
menanjak dari 12 % ke 18 % bebrapa tahun yang lalau , seorang pejabat pemasaran dari perusahaan saingannnya mengatakan “
“Bila Chrysler ingin naik hingga tingkat 20 % , mereka harus lebih dullu
melangkahi mayat kami dulu “.
Atau dapat juga perusahaan
melakukan kegiatan gerilya di pasar yaitu memukul satu pesaing di sini ,
peasing di tempat lain dan seterusnya , dan membiarkan masing masing kehilangan
keseimbangan .atau dengan menggunakan suatu teknik ini meruapakan suatu
peruahaan yang telah melakuka suatu perencanaan yang matang dalam melakukan
persaingan dengan perushaan lain dalam hal memasarkan suatu produk guna
meningkatlan penjualan produk perusahaan ., Pertahanan Offensiv ini dapat juga
merangkum pasar dalam sekala luas ,(Grand Market Envelopment), seperti yang
dilakukan oleh Seiko dengan 2.300 model jam yang di pasarkan di seluruh dunia .
Atau strategi yang mirip dengan tembakan gencar ,frontal dan terus emnerus
seperti yang di lakukan oleh texas instrument . Semua strategi bertahan
“tekanan tinggi “ ini bertujuan untuk tetap memgang inisiatif sepanjang waktu
dan menjaga agar persaingan selalu dalam posisi bertahan .
Kadang kadang serangan aktif
mendhului ini di adakan secara psikologis saja dan buaknnnya benar benar di
laksanakan . Dengan perkataan lain , pemimpin pasar mengirim pesan pesan agar
pesaing tidak menyerang . Satu contoh di berikan di sini mengenai perushaan
farmasi di amerika yang besar dan menjadi pemimpin dalam golongan obat tertentu
. Setiap kali ia meliahat tanda tanda seorang pesaing akan membangun pabrik
untuk proses obat tertentu , perushaan menyebar berita bahwa harga obat
tertentu akan di turunkan serta perusahaan sedang membangun pabrik baru .
berita seperti ini berhasil mengintimidasi pesaing pesaing sehingga tidak jadi
dengan recanya . Sementara perushaan tidak pernah memotong harg atau membangun
pabrik tertentu (baru ). Tentu sja gertakan ini
hanya bias berhasi beberapa kali saja .
Perusahaan perusahaan yang
beruntung bisa menikmati modal tinggi-dalamhal ini ,kesetiaan konsumen yang
besar,kepemimpinan dalam bidang teknologi
dan sebagainya –mungkin akan menyadari bahwa memilih system pertahanan
aktif mendahului yang terlalu luas sering tidak menguntungkan . Beberaoa bahkan
menggugah semangat lawan untuk menyerang dengan biaya yang sangat mahal ; dan
hal ini (di harapkan ) merugikan perusahaan dalam jangka panjang Sebagai contoh
, Heinz membiarkan Hunt’s menyerangnya
secara besar besaran dalam pasar saus dan Heinz tidak mau banyak melakukan
serangan balasan . Pada akhirnya terbukti bahwa strategi ini sangat mahal bagi
Hunt’s . walau pun begitu , berdiri tegak saat menghadapi serangan membutuhkan rasa percaya diri yang
besar mengenai keunggulan perusahaannnya
dalam hal apa yang di tawarkan (dan di sukai )konsumen .
0 komentar:
Post a Comment