Berikut merupakan manfaat marketing di dalam suatu
perusahaan .
- Membangun posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar
- Membangun kepercayaan dan keyakinan konsumen
- Membangun kembali, meluncurkan kembali, dan reposisi dari produk-produk yang sudah jenuh
- Membangun komunikasi melalui kelebihan manfaat produk/jasa
- Mengikutsertakan karyawan dan masyarakat untuk mengenal produk/jasa
- Membangun pasar yang baru dan lemah
- Mengembangkan daya jangkau iklan
- Mengatasi resistensi dari konsumen terhadap iklan
- Membantu mengefisienkan keuangan
- .Membangun berita positif
- Membuat iklan lebih kredibel
- Memberikan suplementasi terhadap kegiatan iklan dengan menonjolkan manfaat produk
- .Menampilkan cerita produk lebih mendalam
- Menambah eksposur dari produk-produk yang tidak dapat ditampilkan melalui iklan
- Dapat mempengaruhi opinion leader
- Dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kampanye sales promotion
- Dapat mengidentifikasikan perusahaan dan produk dengan perbedaan etnik yang ada
- Meningkatkan brand awareness melalui sponsorship
- Dapat memberikan intepretasi yang tepat terhadap dampak dari issue yang mengganggu image pasar
- Dapat mengkomunikasikan keputusan pemasaran sesuai dengan perhatian public
- Dapat membantu mengatasi masalah-masalah produk yang sedang dalam resiko
- Dapat menggairahkan bantuan dari para pengecer.
Beberapa hal mengenai dampak unsur bauran pemasran yang
berlainan pada bagian pasar di uraikan oleh Buzzell dan Wiersema. Mereka
menyusun itu di dasarkan atas PIMS (Pfrofit Impact Strategies) .perusahaan
perusahaan yang meraih tambahan bagian pasar yang tinggi pada umumnya mampu
mengalahkan para pesaingnya dalam tiga bidang yaitu : produk bru , Kualitas
Produk dan Biaya pemasaran .
Pada umumnya perusahaan perusahaan yang berhasil menaikan
bagian pasarnya mengembangkan dan menambah produk baru yang lebih banyak dalam
lininya .
- Di bandingkan dengan perusahaan yang kualitas produknya tetap atau turun ,maka perusahaan yang meningkatkan kualitas produknya bisa menikmati kenaikan bagian pasar yang lebih banyak .
- Perusahaan dengan kenaikan bagian pasar yang tinggi adalah perusahaan yang lalu biaya pemasarannnya lebih cepat dari pada laju pertumbuhan pasar. Penigkatan biaya untuk tenaga penjual ternyata sangat efektif baik untuk produk konsumsi maupun produk industri.Peningkatan pengeluaran untuk iklan adalah lebih efektif terutama untuk produk konsumsi , sedangkan promosi dapat efektif untuk segala jenis perushaan dalam upayanya untuk menaikan bagian pasar .
- Tidak seperti yang di perkirakan oleh orang perusahaan yang menurunkan harga jualnya ;ebih banyak dari pada pesaing pesaingnya , ternyata tidak banyak memperoleh tambahan bagian pasar .mungkin ini di sebabkan oleh ebagian perusahaan lain menawarkan hal hal lain , sehingga pembeli tidak banyk beralih ke produk yang turun harganya tersebut .
- Penelitian di atas tidak menyelidiki lebih lanjut apakah tambahan bagian pasar tersebut memakai bila di bandingkan dengan biaya yang telah di keluarkan . dan memang sudah jelas bahwa beberapa perushaan mampu “ membeli “ bagian pasar yang lebih besar , namun yang menjadi masalah sebenarnya adalah apakah hal itu menghasilakan keuntungan yang lebih besar pula cepat atau lambat .
Semoga bermanfaat ,,,
SALAM DAHSYAT DARI
AdaDuniaBisnis
0 komentar:
Post a Comment