Memang bisnis untuk menjadi seorang marketing merupakan
suatu bisnis yang tidak membutuhkan modal namun perlu anda ketahui semua hal
yang di lakukan pasti harus di miliki suatu keahlilan untuk dapat
menjalankannya , maka sama halnya dengan dunia marketing ada suatu ilmu
kemampuan yang harus anda asah dan terus anda dalami yaitu ilmu komunikasi .
1. Konsumen potensial mengetahui secara detail produk
yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka
atas produk yang dihasilkan.
2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua
kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi
berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk,
promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai
pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa
sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi
beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor
sebagai berikut :
1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok,
pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum,
teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk
pemasaran : Dari sudut pandang penjual :
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and
wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang
dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh
konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu
perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik
dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga
dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Jika kita sering memperhatikan dalam sistem peperangan hal
yagn paling penting sebenarnya bukan masalah kita perang dan menyerang namun
juga sistem pertahan yang sangat solid untuk dapat menjaga daerah sendiri dari
gempuran musuh . berikut merupakan penjelasan dari sistem bertahan atau lebih
di kenal dengan Kedudukan Bertahan .namun selain itu harus ada juga elemen
penting lainya yang mendukung pertahan militer sebuah perusahan di antaranya Pertahaan sisi (Flanking
Defense) ; Pertahanan Aktif mendahaului (Preemtive Defense) ; Pertahanan Serang
Balas(Counterofffensive) ; Pertahanan Mobilitas ; Aksi penciutan.
Pertahan sisi (Flanking Defense) . Perusahaan yang merupakan market leader
seharusnya tidak hanya menjaga daerah kekuasanya tetapi juga membangun
beberapa sayap atau pos pos di luar
daerahnya . Strategi ini di maksudkan agar sudut pandang pertahaan ini
melindungi Fro nt yang lemah atau mungkin juga sebagai basis penyerangan-balik
, bila memang di perlukan . Posisi sayap atau sisi ini akan mengecil artinya ,
bila kurang di bina dengan baik sehingga lawan akan dengan mudah untuk
menghancurkannya hanya dengan menggunakan kekuatan yang kecil , sementara
formasi pokoknya tetap tidak tergoyahkan . Perushaaan harus menanggulangi
dengan dengan hati hgati setiap kemungkinan ancaman ; dan apabila gejala ancaman ini mulai timbul
maka program pengamanan terhadap ancaman
harus segera dilakukan . dalam dunia bisnis banyak sekali di temukan
comtoh tentang Pertahanan Sisi (Flanking
Defense)
Berikut ini adalah contoh nya
Pertahanan yang di anut oleh Jewel Food Stores yang berpusat di Chicago
merupakan contoh yang bagus . Perusahaan ini percaya bahwa suoermarket akan
tetap menduduki Posisi dominan , namun memberikan “sayap tambanhan “ dengan
cara memperkuat bauran
took-eceran-makanannnya untuk menjawab munculnya tantangan baru pasar
“Fast Food’ yang sedang melonjak tajam di dorong dengan menyajikaannya
kombinasi yang lengkap dari makanan beku
dan jgua sia pakai , serta datangnya tantangan dari jenis makanan lain dengan
jalan menambah lini baru . Jadi , berbagai supermarket milik Jewel Food Stores
di rencang khusus untuk menyesuaikan permintaan setempat ini : roti roti hangat
dan makanan yang khas untuk golongan suku tertentu . Perusahaan yang tidak mau
mengambil resiko dengan beberapa perkembangan institusional . Diciptakanlah di
visi Jewwl –T yang merupakan satu jaringan dari toko toko murah yang di
pelopori oleh Aldi. Melihat perubahan dari peta persaingan karena ulah
Wiraswasta wiraswasta . di visi Star Supermarket milik Jewel di England
(Massachusetts) segera beralih ke system Francise pada tahun berikutnya . maka
untuk melindungi dari tantangan “toko gabungan “, Jewel mengintegrasikan sejumlah besar supermarket nya dengan toko
toko Osco dengan menggunakan rancangan “ bersebelahan “ serta rancangan yang
benar benar terpadu .
0 komentar:
Post a Comment