Rahasia Informasi Dunia – Dunia
pemasaran meruopakan suatu dunia dimana kalau anda bayangkan di masa dalam
dunia perang maka dunia pemasaranlah yang menduduki jabatan sebagai dunia dalam perang suatu perusahaan demi
melawan competitor dalam perusahaan lain . Namun berbeda dengan dunia pemasaran
, dunia pemasaran tidak menggunakan senjata seperti pistol maupun pisau untuk
melakukan peperangan dengan competitor , yang mereka gunakan adalah kreativitas
dalam memasarkan suatu produk kedalam konsumen , bukan berarti ke membombardir
konsumen , pernyataan itu salah , tetapi dengan adanya dunia pemasaran konsumen
akan di permudah dengan apa yang sedang mereka butuhkan . terkadang ketika
suatu konsumen sedang membutuhkan barang A dan kemudian ia mencari barang
tersebut , apa yang sedang konsumen lakukan , yaitu dia hanya mengkonsumsu sutu
produk tersebut dengan berasaskan suatu percobaan , atau dalam dunia pemasaran
lebih di kenal dengan sebut Coba coba, dia tidak mengetahui suatu kelebihan
dari produk tersebut dan yang ia tahu adalah sudah sejak lama ia telah
mengkonsumsi suatu barang tersebut dan telah merupakan turum temurun daru nenek
moyang.
Dengan melihat dan memahami
study kasus ini tentang dunia pemasaran maka anda sebaiknya sudah melihat
peluang yang begitu besar dalam benak anda , karena mereka sangat percaya dan
yakin dengan adanya sikap yang setia ketika menggunakan suatu produk tersebut
dari nenek moyang hingga di kehidupannya meskipun dirinya tidak mengetahui
kelebihan produk tersebut dengan yang lainnya .Sikap inilah yang merupakan senjata dalam dunia
perusahaan dalam melakukan suatu bisnis dengan mengandalkan yang namanya divisi
pemasaran dalam melakukannya , karena dUnia pemasaran lah yang telah melihat
potensi ini dan mengembangkannya dalam memajukan suatu perusahaan.
Didalam memasarkan suatu produk
adalah suatu tantangan yang cukup menarik , karena dengan adanya dunia
pemasaran tidak hanya di gunakan untuk memasarkan suatu produk dalam perusahaan
, namun yang menjadi inti dari suatu tenaga pemasaran tersebut adalah Riset
pasar yang telah di lakukan oleh tenaga pemasar . Riset pasar meruapakan suatu
kegiatan yang di lakukan guna untuk mencari seberapa butuh konsumen dengan
produk yang telah di hasilkan oleh perusahaan dan apa pula yang sedang mereka
butuh ketika dalam era jaman sekarang ini . Riset pasar merupakan hal yang
sangat penting jika di bandingkan dengan hanya memproduksi suatu produk secara
berkala namun sangat tidak mengetahui apa yang sedang di butuhkan oleh konsumen
.
Tujuan Riset Pemasaran:
- Mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara obyektif kenyataan yang ada.
- Bebas dari pengaruh keinginan pribadi ( political biases ). “ Find it and tell if like it is “.
Untuk
melaksanakan proyek riset secara efektif diperlukan antisipasi terhadap seluruh
langkah proses riset dan memahami saling ketergantungannya. sembilan
langkah-langkah dalam proses riset yaitu :
- Menetapkan kebutuhan akan informasi
- Menentukan sasaran riset dan kebutuhan akan informasi
- Menentukan sumber data
- Mengembangkan bentuk pengumpulan data
- Merancang sample
- Mengumpulkan data
- Mengolah data
- Menganalisis data
- Menyajikan hasil riset
Sifat dari informasi yang dibutuhkan dan jumlah uang yang Anda mau
keluarkan akan menetapkan teknik mana yang Anda pilih bagi bisnis Anda.
Menggunakan
daftar pertanyaan yang ringkas dan terus terang, maka Anda dapat menganalisis
suatu kelompok contoh yang mewakili pasar sasaran Anda. Semakin luas contohnya,
semakin handal hasilnya.
a. Survai pribadi adalah wawancara tatap
muka. Survai tersebut memungkinkan Anda menyajikan contoh-contoh produk,
pengemasan atau pemasangan iklan dan menghimpun umpan balik segera. Meskipun
survai pribadi dapat menghasilkan tingkat tanggapan lebih dari 90 persen, namun
survai tersebut juga mahal.
Meskipun survai
pribadi dapat menghasilkan tingkat tanggapan lebih dari 90 persen, namun survai
tersebut juga mahal. Meskipun demikian, karena nasabah cenderung menolak
pemasaran melalui telepon, maka mengajak orang untuk mengambil bagian dalam
survai telepon adalah sulit.
c. Survai surat adalah cara yang relatif
murah untuk menjangkau hadirin yang luas. Survai surat lebih murah daripada
survai pribadi dan survai telepon; namun demikian survai surat hanya
menghasilkan tingkat tanggapan antara 3 persen hingga 15 persen. Walaupun
pengembaliannya rendah, survai surat masih merupakan pilihan yang hemat biaya
bagi bisnis kecil.
d. Survai online biasanya menghasilkan
tingkat respons yang tak terduga dan data yang tidak dapat diandalkan karena
Anda tidak memiliki kendali atas kumpulan responden. Namun survai online adalah
cara yang sederhana dan murah untuk mengumpulkan bukti yang bersifat anekdot
serta menghimpun pendapat dan preferensi nasabah.
Dalam kelompok
fokus, seorang moderator atau fasilitator menggunakan panduan diskusi untuk
memimpin diskusi di antara sekelompok orang. Sesi ini biasanya diadakan di
lokasi yang netral, menggunakan teknik perekaman video atau kaset untuk merekam
sesi diskusi. Kelompok fokus biasanya berlangsung satu atau dua jam, dan
sedikitnya membutuhkan tiga kelompok untuk memperoleh hasil yang berimbang.
Sama halnya
dengan kelompok fokus, wawancara pribadi mencakup pengajuan pertanyaan yang
tidak tersusun serta bersifat terbuka. Wawancara pribadi biasanya berlangsung
sekitar satu jam dan direkam. Jenis survai ini menyediakan lebih banyak
informasi subjektif dibandingkan dengan survai lainya. Biasanya hasil survai
tersebut tidak mewakili suatu segmen yang luas dari jumlah penduduk; namun demikian
menyediakan wawasan berharga kedalam sikap nasabah dan adalah cara yang sangat
baik untuk membongkar segala persoalan yang berhubungan dengan pengembangan
produk atau jasa baru.
Tanggapan
perseorangan atas survai dan kelompok fokus terkadang berbeda dengan kelakuan
orang sesungguhnya. Melalui pengamatan nasabah yang sedang beraksi dengan
merekam mereka melalui video di toko, di tempat kerja atau di rumah, maka Anda
dapat mengamati tingkah laku pembelian mereka yang sebenarnya. Ini meyediakan
gambaran yang lebih akurat kepada Anda mengenai kebiasaan penggunaan nasabah
dan pola berbelanja.
Menempatkan
produk baru dalam beberapa toko pilihan untuk menguji tanggapan nasabah dalam
kondisi penjualan nyata dapat membantu Anda dengan informasi mengenai
modifikasi produk, penyesuaian harga atau penyempurnaan kemasan. Membangun
hubungan dengan pemilik toko setempat dan Website dapat membantu pemilik bisnis
kecil untuk menguji produk mereka.
Jika kita sering memperhatikan
dalam sistem peperangan hal yang paling penting sebenarnya bukan masalah kita
perang dan menyerang namun juga sistem pertahan yang sangat solid untuk dapat
menjaga daerah sendiri dari gempuran musuh . berikut merupakan penjelasan dari
sistem bertahan atau lebih di kenal dengan Kedudukan Bertahan .Namun selain itu
harus ada juga elemen penting lainya yang mendukung pertahan militer sebuah
perusahan di antaranya Pertahaan sisi (Flanking Defense) ; Pertahanan Aktif mendahaului (Preemtive
Defense) ; Pertahanan Serang Balas(Counterofffensive)
; Pertahanan Mobilitas ; Aksi penciutan. Sebuah pertahanan
disini bukan di artikan bahwa perusahaan hanya bertahan dan berdiam diri saja .
yang di maksud dengan melakukan pertahanan dengan serang balas adalah bahwa
perusahaan melakukan suatu kegiatan dunia pemasaran yang bukan untuk mamasarkan
suatu produknya melainkan di lakukannya suatu kegiatan yang dinamakan dengan
Riset pasar.
Pertahanan Serangan Balas (Counteroffensive Defense). Bila perusahaan yang merupakan pemimpin pasar
di serang – padahal sudh melakukan manuversayap dan pedudukan -, maka reaksi
pertama adalah serangan balasan . Pemimpin pasar tidak boleh tinggal diam dalam
menghadapi tindakan –tindakan pesaing seperti pemotongan harga,promoso mendadak
, perbaikan produk atau masuknya mereka ke daerah penjualan nya .perushaaan
pemimpin ini memiliki pilihan strategis untuk menghadapi serangan frontal dengan ujung tombak atau maneuver balasan utnuk menyerang lambung
lawan atau melansir gerakan menjepit untuk memotong formasi serang dari basis
operasinya .
Clearsil ,market leader dalam bisnis obat jerawat , tiba
tiba saja sadar bahwa dirinya sedang di serang oleh Oxy-5 dengan promosi yang
gencar , menanggapi ini Clearsil membalasnya dengan serang promosi yang
bertahap .
Kadang
kadang bagian pasar menyusut dengan cepar sehinga memang di perlukan
tindakan balasan langsung. Tetapi pihak
– bertahan yang memiliki keunggulan strategis sering kali dapat memprakasai
serangan awal dan bertahan secara efektif pada kesempatan pertama . Pada banyak
sistuasi , ada baiknya juga sedikit mundur selangkah dan membiarkan serangan
berkembang terus sebelum di lakukan tindakan balasan sambil menunggu saat yang
memberikan peluang. Strategi menunggu ini kelihatannya memang berbahaya ,tetapi ada beberapa perimbangn matang untuk
tidak dengan segera membalas tindakan lawannnya .
Bagi pihak yang bertahan ,
jawaban yang lebih baik atas serangan itu adlah istirahat sebentar dan mulai
mengidentifikasi adalah celah celah pada pakaian penyerang ,adalah kelemahan
pada berbagai tindakan lawan ,atau adalah kemungkinan di segmen pasar yang bisa
di masuki dengan tindakan balasan . Di Indonesia P.T Astra International
memperkenalkan model BMW -352 sebagai pilihan dari Honda Accord dengan ciri
sebagai kendaraan yang bermutu tinggi dari jerman barat dengan harga yang
hamper sama .
Ada satu contoh bagus tentang
bagaimana perusahaan Menjepit Serangan Lawan . yaitu di tahun 19960 an Heubleun
melancarkan strategi untuk mengamankan vodka Smiirrnof-nya dari serangan
Wolfschmidt . Wolfschmidt memasang harga
vokanya sedollar lebih murah sambil menyatakan bahwa mutunya sama saja dengan
Smirrnof . Heubleun menanggapinya dengan menaikan harga Semirrnof satu dollar
lebih tinggi sambil memperkuat dua merk lainnya . Satu merk untuk langsung
menghadapi wolfschmidt (dengan harga sama ) , dan merk lainnnya untuk
membanyangi Wolfschmidt(dengan harga yang lebih murah ).
Bila penjualan milik market leader di ganggu , maka tindakan
balasan yang efektif adalah dengan masuk kedaerah utama milik penyerang ,
sehinga sebagian pasuka penyerang segera kemballi untuk memepertahankan
daerahnya sendiri .Sebagai contoh salah satu jarak yang paling menguntungkan
maskapai penerbangan Nortwest adalah Minneapolis - Atlanta. Satu perusahaan yag
relative kecil menurunkian drastis harga tiketnya dan mengiklankan secara besar besaran untuk
menaikan bagian pasarnya . Northwest membalas tindakan perusahaan tersebut
dengan menurunkan tariff Mineapolis – Chicago ; seperti di ketahui , jarak ini
merupakan pendapatan pokok dari pesaing
tersebut . Karena sumber pendapatan pokoknya terganggu hebat , maka perusahaan
saingan tersebut akhirnya mengembalikan Mineapolis –Atlanta ke tingkat semula.
0 komentar:
Post a Comment