Find us on Google+ Penangan penyakit Diare pada diri anda | Rahasia Informasi Dunia

Wednesday, February 8, 2012

Penangan penyakit Diare pada diri anda

Jangan Lupa di like yawww..!!! Terima Kasih..
Rahasia informasi dunia -Penyakit pada bayi : Diare - Fungsi imunitas bayi masih belum sempurna. Benar karena system yang diterima ketika bayi sangatlah lemah dan merupakan hal yang harus anda perhatikan ketika bayi anda sedang punya masalah pada diare ,Sehingga beragam gangguan kesehatan dapat diderita oleh bayi. Dalam beberapa artikel ke depan, Info Nuyatha media dalam Rahasia informasi dunia dalam bidang kesehatan akan secara khusus mengulas beberapa penyakit yang biasa diderita bayi yang disertai cara penanganannya agar dapat menjadi bekal pengetahuan untuk para orang tua. Pada artikel kali ini pertama kali akan mengulas mengenai diare.


1.Pengertian DiareDiare adalah berak encer atau cair sebanyak 3 kali atau lebih dalam 24 jam. Dan merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya karena dapat mengurangi tenaga dalam tubuh anda yang mengakibatkan tubuh anda menjadi lemas , jenis penyakit ini juga termasuk jenis penyakit yang dapat mempengaruhi seluruh system imun dalam tubuh yang akan berakibat munculnya penyakit baru yang akan di derita oleh si pendeita penyakit jika tidak di lakukannya penangan awal dalam jenis penyakit ini .

2. Penyebab DiareKalau berbicara tentang penyebab diare pastinya akan menyebabkan banyak hal , namun yang akan di jelaskan di sini adalah sedikit hal yang sangat penting tentang penyebab dari penyakit ini .

  • Minum air tidak dimasak adalah di karena masih adanya kuman yang terdapat dalam minuman yang anda konsumsi , dan kuman itu masih sangat berbahaya .
  • Makan jajanan kurang bersih adalah biasanya .ini terjadi di karena kondisi lingkungan makanan tersebut yang kurang bersih dan dapat di jadikan kumpulnya berbagai macam kuman yang mengjhinggapi makanan tersebut . 
  • Makan dengan tangan yang kotora dalah biasanya anda mengkonsumsi makanan tanpa anda melakukan kegiatan mencuci tangan sebelum maka , ini akan mengakibatkan banyak kuman yang masih terdapat dalam tangan anda akan masuk ke dalam makanan anda yang akan di konsumsi
  • Berak disembarang tempat adalah , jangan pernah anda membuang kotoran anda di sembarang tempat, karena dapat terjadi system pengkrusakanb lingkkungan serta dapat di jadikannya tempat untuk berkumpulnya kuman kuman jahat lainnya .
  • Mengguankan air kotor untuk keperluan sehari-hari adalah ketika anda menggunakan air yang tidak bersih untuk keperluan yang sangat penting apalagi yang berpotensi langsung untuk berhubungan dengan tubuh terutama dalam mandi dan juga minum aitu tersebut maka sudah dapat di pastikan kalau kegiatan yang sedang anda lakukan adalah mengumpulkan kuman kuman jahat dalam tubuh yang berakibat tubuh anda akan tidak kuat untuk menahannya serta akhirnya anda akan sakit .
  • Makanan tidak ditutup sehingga dihinggapi lalat dan terkena debu dan kotoran adalah  lalat meruapakan jenis serangga yang ketika menghinggapi suatu makanan atau bahan laiinua selalau meninggalkan jejak yang berupa kotorang yang di penihii dengan banyak kuman , coca anda banyangkan kalau satu lalat dapat meniggalkan 10 kuman dalam satu kali penghinggapan , kalau makanan anda tidak di tutupi dengan tudung saji maka akan berapa kuman yang ada dalam makanan anda . itu semua akan memicu anda akan mengidap penyakit diare  
  • Ikan, jamur atau singkong dan makan makanan yang mengandung racun
  • Makanan dan minuman yang basi atau menggunakan zat pewarna berlebihan



3. Tanda Dan Gejala DiareBerikut merupakan gejala dan tanda ketika anda sedang mengidap penyakit diare .a. Berak encer atau cair lebih dari 3 kali dalam 24 jam, kalau anda sudah dalam masa seperti ini sebaiknya anda obati itu semua dengan menggunakan obat diare lebih kurang sampai 6 tablet oabt.kalau masih dalam keadaan ini anda tidak ada efek  apapun sebaiknya anda langsung di bawa ke dokter.b. Gelisah dan rewelc. Badan lemah dan lesu , kalau anda dalam kondisi ini masih lemah dan lemas senbaiknya anda minum minuman racikan sendiri yaitu perbanyak minum air putih yang di campur dengan garam yang berguna untuk mengganti cairan anda yang hilang ketika sedang diare

d. Muntah-muntahe. Rasa hausf. Menurunnya nafsu makan
4. Bahaya Diarea. Zat-zat gizi hilang dari tubuh , dan gizi yang akan hilang adalah system kekebalan tubuh akan melemah dan akan memicu penyakit baru untuk masuk kedalam tubuh anda
b. Penderita akan kehilangan cairan tubuh ini merupakan efek yang berbahaya karena ketika cairan anda hilang , anda akan merasakan lemas ,lesu dan letih , dan ketika sudah memasuki masa ini akan berbahaya lagi kalau sampai kehilangan kesadaran dalam tubuh anda yang di karenakan hilangnya cairan dalam tubuh anda .c. Seseorang dengan diare tidak merasa lapard. Penderita tersebut menjadi lesu dan lemas, jika anda sedang mengalami dalam fase seperti ini sebaiknya anda harus banyak menkonsumsi air putih yang di campur garam , berguna untuk membantu menambah cairan dalam tubuh anda agar anda kuat dan tidak lemas , letih ,lesu
e. Penderita dapat meninggal bila kehilangan cairan tubuh lebih banyak dalam fase ini merupakan face yang sangat berbahaya dan menjadi efek yang paling berbahaya karena dapat menimbulkan kematian bagi penderita yang di karenakan kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya .
5. Pencegahan Diarea. Berikan hanya ASI selama 4 – 6 bulan pertama dan teruskan menyusui paling kurang selama tahun pertama..b. Berikan makanan penyapih bergizi yang bersih pada 4 – 6 bulan.c. Berikan makanan yang baru dimasak dengan baik dengan menggunakan air bersih.d. Semua anggota keluarga mencuci tangannya dengan air sabun sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan dan setelah berak.e. Secepatnya membuang tinja anak kecil ke kakus.
6. Penatalaksanaan Diare di RumahBerikut merupakan pembuatan larutan yang dapat menambah daya tahan dalam tubuh anda agar tidak lesu lemah dan juga letih , ini semua dapat anda lakukan sendiri di rumah seerta pembuatannya juga sangat mudah ,. Ini merupakan langkah langkah yang harus anda lakukan .Dengan Cara Membuat Larutan Gula Garam (LGG)  Bahan dan alat yang diperlukan1. Gula pasir sebanyak 1 (satu) sendok teh munjung2. Garam dapur yang halus sebanyak ¼ (seperempat) sendok teh3. Air masak atau air teh yang hangat (tidak selagi mendidih) sebanyak 1 (satu) gelas4. Gelas belimbing / lainnya yang sama ukurannya, dan sendok teh
 Cara membuat larutan gula garam (LGG)1. Sebelum membuat, cucilah tangan sampai bersih2. Tuangkan air masak, atau air teh ke dalam gelas sebanyak 1 (satu) gelas3. Masukkanlah “gula pasir” dan “garam” menurut takaran yang telah ditentukan4. Aduklah sampai gula dan garam menjadi larut semua5. Minumlah sebanyak anak mau. Bila habis dibuatkan lagi dengan cara yang sama.


Diare dapat dialami oleh bayi, terlebih jika orang tua kurang menjaga kebersihan lingkungan sekitar bayi. Penyakit diare pada bayi ditandai dengan keluarnya tinja encer yang frekuensi buang air besarnya lebih dari 3 kali sehari. Terkadang disertai dengan muntah dan demam. Namun pandai-pandailah dalam memilah tinja encer pada bayi. Ketika bayi mengkonsumsi ASI Eksklusif, tinja bayi akan encer tetapi ada ampasnya dan frekuensi buang air besarnya dapat mencapai 10 kali pada 2 minggu pertama. Sedangkan mencret air saja maka bayi akan terlihat kehausan, rewel dan demam.

Penanganan penyakit diare pada bayi yang utama adalah
  1. menjaga kebersihan.
  2. Jagalah kebersihan perlengkapan bayi seperti popok,
  3. perlengkapan ASI,
  4.  jaga asupan makanan dalam bayi
  5. dan kalau menggunakan susu bubuk maka perhatikan kebersihan air dan botolnya.
  6. Ketika menyentuh bayi usahakan tangan dalam posisi bersih.
  7.  Ketika frekuensi buang air besar bayi lebih banyak dari biasanya dan terlihat encer
  8. tingkatkanlah pemberian ASI Eksklusif lebih dari biasanya.

Perlu diketahui bahwa ASI mengandung bahan yang mampu membunuh mikroorganisme penyebab diare. Untuk mencegah dehidrasi, berikan oralit yang aman bagi bayi. Jika bayi diare disertai darah segera periksakan penyakit pada bayi tersebut ke dokter spesialis anak terdekat. Demikian artikel penyakit pada bayi mengenai diare. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment