Find us on Google+ Rahasia Dibalik Berbahayanya dan Kekejaman Penyakit Kanker | Rahasia Informasi Dunia

Thursday, February 9, 2012

Rahasia Dibalik Berbahayanya dan Kekejaman Penyakit Kanker

Jangan Lupa di like yawww..!!! Terima Kasih..
Rahasia Informasi Dunia - Kanker bukanlah suatu penyakit yang ringan. Kanker merupakan jenis penyakit yang berat dan jenis yang sangat membahayakan bagi tubuh anda , karena dengan anda sudah mengidap suatu penyakit kanker yang berjenis apapun maka tubuh anda akan di sabotase dengan penyakit tersebut .kaker merupakan jenis penyakit yang di tandai dengan tumbuhnya suatu benjolan yang cukup besar baik itu terjadi di dalam daging tubuh anda ataupun yang muncul keluar dalam tubuh anda.  Kebanyakan orang yant setelah mengidap penyakit kanker ini mereka akan sedikit kehilangan kemampuan system kekebalan tubuh mereka yang di karenakan sudah tersedotnya oleh jenis penyakit yang membahayakan ini . jenis penyakit kanker ini bukan merupakan jenis penyakit yang sederhana dan akan sembuh dengan cepat , sebaliknya bahwa penyakit kanker ini adalah penyakit yang mematikan , karena dapat mengakibatkan si penderita meninggal dunia .

Penderita kanker yang sangat mematikan ini ternyata mengalami peningkatan yang sangat tajam , ini di karenakan banyak orang yang telah mengabaikan pola hidup yang sehat dan juga bersih , berikut merupakan survai tentang peningkatan jumlah penderita kanker yang berada di Indonesia
"Penderitanya sekitar 10 persen dari manusia dewasa dan kebanyakan perempuan," kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Tjandra Yoga Aditama saat melepas sepeda gembira di halaman Departemen Kesehatan, Ahad (15/3).


Peningkatan kasus kematian akibat kanker meningkat dari 3,4 persen (1980) menjadi 6 persen (2001). Riset Kesehatan Dasar tahun 2007 menunjukkan prevalensi tumor di Indonesia adalah 4,3 per 1.000 penduduk. 


Kanker, berdasarkan riset, menjadi penyebab kematian nomor tujuh setelah stroke, tuberkulosis, hipertensi, cidera, perinatal, dan diabetes militus.


Tjandra menyatakan anak menjadi penderita kanker 4,9 persen dari semua usia. "Leukimia menjadi kasus tertinggi pada anak (33,7 persen). Data ini diperoleh dari registrasi kanker berbasis rumah sakit di Jakarta Tahun 2005. Adapun pada manusia dewasa, kanker payudara, kanker leher rahim, dan kanker hati menjadi tiga penyebab kematian terbesar.


Tjandra mengatakan kanker disebabkan faktor risiko yang salah satunya kurang aktivitas. Perkiraan Badan Kesehatan Dunia (WHO), faktor obesitas dan kurang aktivitas fisik menyumbang 30 persen risiko kanker. Tahun 2015 diperkirakan 2,3 miliar orang dewasa akan mengalami masalah berat badan dan 700 juta di antaranya obesitas.
Langkah awal dalam pengobatan penyakit kanker adalah deteksi dengan benar bahwa gejala yang muncul pada tubuh pasien adalah benar-benar sel kanker ganas. Deteksi ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan biopsy, sehingga langkah pengobatan bisa dilakukan secara cepat dan tepat. Langkah berikutnya adalah terapi pengobatan dengan cara konvensional. Namun pada kenyataannya pengobatan dengan cara ini sering kali kanker belum bisa diatasi secara total. Kalau dengan menggunakan kedia cara tersebut masih di temukannya sel kanker di dalam tubuh si pernderita maka yang harus dilakukan adalan dengan menggunakan   peran tanaman obat/herbal. 
Peran utama herbal adalah meningkatkan daya tahan tubuh pasien dan melokalisir sel-sel kaker sehingga sel-sel kanker tidak mudah menyebar, dan lebih mudah diangkat, juga tidak bersifat toksik sehingga lebih aman untuk tubuh pasien. Contohnya adalah tanaman obat dari ekstrak keladi tikus (Typhonium Flagelliforme). Dalam penggunaannya, tanaman obat ini bisa dipakai bersamaan dengan pengobatan konvensional (pembedahan, kemoterapi, radioterapi dan hormonterapi) atau setelah pengobatan konvensional selesai dilakukan. Karena obat dari ekstrak keladi tikus dapat membantu mengurangi efek pengobatan secara konvensional. 


                Jumlah penderita penyakit kanker di Indonesia belum diketahui secara pasti, tetapi peningkatan dari tahun ke tahun dapat dibuktikan sebagai salah satu penyebab kematian. Hanya beberapa penyakit kanker yang dapat diobati secara memuaskan, terutama jika diobati saat masih stadium dini. Keberhasilan pengobatan sangat ditentukan oleh jenis kanker, stadium kanker, keadaan umum penderita, dan usaha penderita untuk sembuh. Sudah di jelaskan di awal kalau peningkatan penyakit kanker ini telah merata yaitu sekitar 10 % untuk setiap tahunnya , ini di tandai dengan munculnya banyak keragaman makanan yang anda konsumsi selama ini dan pola hidup anda yang tidak bersih dan sehat.



Definisi Kanker 



Penyakit Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal yaitu maksudnya adalah kandungan jaringan dalam tubuh yang tidak tumbuh secara berkala namun malah tumbuh secara berlebihan dalam tubuh anda . Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, karena sifarnya dalam suatu jaringan adalah kalau jaringan tersebut mendapatkan suatu asupan yang sangat baik maka pertumbuhannya malah jauh akan lebih cepat di bandingkan dengan biasanya . selanjutnya menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang. Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak yaitu maksudnya adalah dengan menggantikan suatu sel yang sudah  mati , ketika sel tersebut telah mati yang berada dalam tubuh anda ketika dalam keadaan normal maka akan di tandainya suatu bercak luka di bagian luar tubuh anda namun berbeda dengan jaringan  yang telah tumbuh dan berkembang dalam tubuh anda ini , selkanker sifatnya bukan merusak tubuh bagian luar anda, melainkan dia merusak bagian dalam jaringan dan menggantinya dengan yang baru dengan tujuan untuk menguasai tubuh anda dan merusaknya . Sebaliknya sel kanker akan membelah terus meskipun tubuh tidak memerlukannya, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal, sehingga mengganggu organ yang ditempatinya. Kanker dapat terjadi diberbagai jaringan dalam berbagai organ di setiap tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. Bila kanker terjadi di bagian permukaan tubuh, akan mudah diketahui dan diobati. Namun bila terjadi didalam tubuh, kanker itu akan sulit diketahui dan kadang - kadang tidak memiliki gejala. Kalaupun timbul gejala, biasanya sudah stadium lanjut sehingga sulit diobati. 


Perbedaan Tumor dan Kanker

Tumor ada dua macam yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak hanya tumbuh dan membesar, tidak terlalu berbahaya, dan tidak menyebar ke luar jaringan. Sedangkan tumor ganas adalah kanker yang tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali dan merusak jaringan lainnya. 


Tumbuhnya sel kanker yang ada dalam tubuh
Kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan perubahan sel normal menjadi sel kanker adalah hiperplasia, displasia, dan neoplasia. Hiperplasia adalah keadaan saat sel normal dalam jaringan bertumbuh dalam jumlah yang berlebihan. Displasia merupakan kondisi ketika sel berkembang tidak normal dan pada umumnya terlihat adanya perubahan pada nukleusnya. Pada tahapan ini ukuran nukleus bervariasi, aktivitas mitosis meningkat, dan tidak ada ciri khas sitoplasma yang berhubungan dengan diferensiasi sel pada jaringan. Neoplasia merupakan kondisi sel pada jaringan yang sudah berproliferasi secara tidak normal dan memiliki sifat invasif.

Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA,
menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline).

Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor, genetik dan lingkungan. Namun ada beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker, sebagai berikut : 

Faktor keturunan
Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga memiliki resiko lebih tinggi untuk menderita kanker tertentu bila dibandingkan dengan keluarga lainnya. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Maksudnya disini adalah karena kesamaan gen yang telah di turunkan oleh si induk ataupun yang telah di turunkan oleh si ayah yang telah mengidap penyakit ini . dan biasanya kalau anak atau bayi yang sudah mengidap penyakit ini di karenakan suatu factor keturunan , akan tidak berlangsung lama dalam menjalani suatu kehidupan alasannya adalah karena si anak belum memiliki suatu system kekebalan tubuh yang kuat dan belum memliki jaringan yang cukup kuat untuk melawan jaaringan sel kaker .Sebagai contoh, risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 s/d 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara. 

Faktor Lingkungan

- Merokok sigaret meningkatkan resiko terjadinya kanker paru - paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih. Banyak orang yang telah mengetahui suatu perhatian dan berbahaya ini , padahal banyak di antara orang yang telah mengidap penyakit kanker ini di karenakan banyak menkonsumsi rokok dalam jumlah yang besar setiap harinya .
- Sinar Ultraviolet dari matahari
- Radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom yang bisa menjangkau jarak yang sangat jauh. Contoh, orang yang selamat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II, berisiko tinggi menderita kanker sel darah, seperti Leukemia. Kalau dalam kasus yang ini adalah suatu kasus yang pernah terjadi ketika rusia dalam penampungan nuklir yang meledak di karenakan tidak kuatnya menahan panas yang di akibatkan oleh nuklir tersebut kemudia menyebabkan suatu kota tersebut tewas dan yang hidup akan mengalami suatu penderitaan cacat sampai keturunan yang di hasilkannya cacat sampai sekarang.


Faktor Makanan yang mengandung bahan kimia.


                Makanan juga dapat menjadi faktor risiko penting lain penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah : 

- Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung . yang di maksudkan di sini adalah makanan yang di asapkan merupakan jenis makanan yang menumpukan suatu zat asap kedalam tubuh yang kemudian tidak dapat di netralkan oleh system penetral dalam tubuh anda .
- Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan. Karena minuman keras ini identik dengan panas dan juga keras yang dapat merusak kerongkongan anda dan menimbulkan munculnya jaringan sel kanker dalam tubuh ,
- Zat pewarna makanan
- Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang, ikan, dsb.
- Berbagai makanan (manis,tepung) yang diproses secara berlebihan.

Virus

Virus yang dapat dan dicurigai menyebabkan kanker antara lain :
- Virus Papilloma menyebabkan kutil alat kelamin (genitalis) agaknya merupakan salah satu penyebab kanker leher rahim pada wanita. 
- Virus Sitomegalo menyebabkan Sarkoma Kaposi (kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah) 
- Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati. 
- Virus Epstein - Bar (di Afrika) menyebabkan Limfoma Burkitt, sedangkan di China virus ini menyebabkan kanker hidung dan tenggorokan. Ini terjadi karena faktor lingkungan dan genetik. 
- Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya. 

Infeksi

- Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih. Namun penyebab iritasi menahun lainnya tidak menyebabkan kanker. 
- Infeksi oleh Clonorchis yang menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu. 
- Helicobacter Pylori adalah suatu bakteri yang mungkin merupakan penyebab kanker lambung, dan diduga bakteri ini menyebabkan cedera dan peradangan lambung kronis sehingga terjadi peningkatan kecepatan siklus sel. 

Gangguan keseimbangan hormonal

Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. - Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria. 

Radikal bebas

- Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas yang tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber - sumber radikal bebas yaitu : 
1. Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolisme. 
2. Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan , minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari. 
3. Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fisik, psikologis,maupun biologis. 



0 komentar:

Post a Comment