Find us on Google+ Kedahsyatan Riset Pasar dalam Strategi Pertahanan Serang Balas Dalam Bisnis | Rahasia Informasi Dunia

Friday, June 8, 2012

Kedahsyatan Riset Pasar dalam Strategi Pertahanan Serang Balas Dalam Bisnis

Jangan Lupa di like yawww..!!! Terima Kasih..
Rahasia Informasi Dunia – Dunia pemasaran meruopakan suatu dunia dimana kalau anda bayangkan di masa dalam dunia perang maka dunia pemasaranlah yang menduduki jabatan sebagai  dunia dalam perang suatu perusahaan demi melawan competitor dalam perusahaan lain . Namun berbeda dengan dunia pemasaran , dunia pemasaran tidak menggunakan senjata seperti pistol maupun pisau untuk melakukan peperangan dengan competitor , yang mereka gunakan adalah kreativitas dalam memasarkan suatu produk kedalam konsumen , bukan berarti ke membombardir konsumen , pernyataan itu salah , tetapi dengan adanya dunia pemasaran konsumen akan di permudah dengan apa yang sedang mereka butuhkan . terkadang ketika suatu konsumen sedang membutuhkan barang A dan kemudian ia mencari barang tersebut , apa yang sedang konsumen lakukan , yaitu dia hanya mengkonsumsu sutu produk tersebut dengan berasaskan suatu percobaan , atau dalam dunia pemasaran lebih di kenal dengan sebut Coba coba, dia tidak mengetahui suatu kelebihan dari produk tersebut dan yang ia tahu adalah sudah sejak lama ia telah mengkonsumsi suatu barang tersebut dan telah merupakan turum temurun daru nenek moyang.

Dengan melihat dan memahami study kasus ini tentang dunia pemasaran maka anda sebaiknya sudah melihat peluang yang begitu besar dalam benak anda , karena mereka sangat percaya dan yakin dengan adanya sikap yang setia ketika menggunakan suatu produk tersebut dari nenek moyang hingga di kehidupannya meskipun dirinya tidak mengetahui kelebihan produk tersebut dengan yang lainnya .Sikap  inilah yang merupakan senjata dalam dunia perusahaan dalam melakukan suatu bisnis dengan mengandalkan yang namanya divisi pemasaran dalam melakukannya , karena dUnia pemasaran lah yang telah melihat potensi ini dan mengembangkannya dalam memajukan suatu perusahaan.

Didalam memasarkan suatu produk adalah suatu tantangan yang cukup menarik , karena dengan adanya dunia pemasaran tidak hanya di gunakan untuk memasarkan suatu produk dalam perusahaan , namun yang menjadi inti dari suatu tenaga pemasaran tersebut adalah Riset pasar yang telah di lakukan oleh tenaga pemasar . Riset pasar meruapakan suatu kegiatan yang di lakukan guna untuk mencari seberapa butuh konsumen dengan produk yang telah di hasilkan oleh perusahaan dan apa pula yang sedang mereka butuh ketika dalam era jaman sekarang ini . Riset pasar merupakan hal yang sangat penting jika di bandingkan dengan hanya memproduksi suatu produk secara berkala namun sangat tidak mengetahui apa yang sedang di butuhkan oleh konsumen .

Tujuan Riset Pemasaran:
  1. Mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara obyektif kenyataan yang ada.
  2. Bebas dari pengaruh keinginan pribadi ( political biases ). “ Find it and tell if like it is “.


Untuk melaksanakan proyek riset secara efektif diperlukan antisipasi terhadap seluruh langkah proses riset dan memahami saling ketergantungannya. sembilan langkah-langkah dalam proses riset yaitu :
  1. Menetapkan kebutuhan akan informasi
  2. Menentukan sasaran riset dan kebutuhan akan informasi
  3. Menentukan sumber data
  4. Mengembangkan bentuk pengumpulan data
  5. Merancang sample
  6. Mengumpulkan data
  7.  Mengolah data
  8. Menganalisis data
  9.  Menyajikan hasil riset

Sifat dari informasi yang dibutuhkan dan jumlah uang yang Anda mau keluarkan akan menetapkan teknik mana yang Anda pilih bagi bisnis Anda.
1. Survai
Menggunakan daftar pertanyaan yang ringkas dan terus terang, maka Anda dapat menganalisis suatu kelompok contoh yang mewakili pasar sasaran Anda. Semakin luas contohnya, semakin handal hasilnya.
a. Survai pribadi adalah wawancara tatap muka. Survai tersebut memungkinkan Anda menyajikan contoh-contoh produk, pengemasan atau pemasangan iklan dan menghimpun umpan balik segera. Meskipun survai pribadi dapat menghasilkan tingkat tanggapan lebih dari 90 persen, namun survai tersebut juga mahal.
Meskipun survai pribadi dapat menghasilkan tingkat tanggapan lebih dari 90 persen, namun survai tersebut juga mahal. Meskipun demikian, karena nasabah cenderung menolak pemasaran melalui telepon, maka mengajak orang untuk mengambil bagian dalam survai telepon adalah sulit.
c. Survai surat adalah cara yang relatif murah untuk menjangkau hadirin yang luas. Survai surat lebih murah daripada survai pribadi dan survai telepon; namun demikian survai surat hanya menghasilkan tingkat tanggapan antara 3 persen hingga 15 persen. Walaupun pengembaliannya rendah, survai surat masih merupakan pilihan yang hemat biaya bagi bisnis kecil.
d. Survai online biasanya menghasilkan tingkat respons yang tak terduga dan data yang tidak dapat diandalkan karena Anda tidak memiliki kendali atas kumpulan responden. Namun survai online adalah cara yang sederhana dan murah untuk mengumpulkan bukti yang bersifat anekdot serta menghimpun pendapat dan preferensi nasabah.
2. Kelompok Fokus
Dalam kelompok fokus, seorang moderator atau fasilitator menggunakan panduan diskusi untuk memimpin diskusi di antara sekelompok orang. Sesi ini biasanya diadakan di lokasi yang netral, menggunakan teknik perekaman video atau kaset untuk merekam sesi diskusi. Kelompok fokus biasanya berlangsung satu atau dua jam, dan sedikitnya membutuhkan tiga kelompok untuk memperoleh hasil yang berimbang.
3. Wawancara Pribadi
Sama halnya dengan kelompok fokus, wawancara pribadi mencakup pengajuan pertanyaan yang tidak tersusun serta bersifat terbuka. Wawancara pribadi biasanya berlangsung sekitar satu jam dan direkam. Jenis survai ini menyediakan lebih banyak informasi subjektif dibandingkan dengan survai lainya. Biasanya hasil survai tersebut tidak mewakili suatu segmen yang luas dari jumlah penduduk; namun demikian menyediakan wawasan berharga kedalam sikap nasabah dan adalah cara yang sangat baik untuk membongkar segala persoalan yang berhubungan dengan pengembangan produk atau jasa baru.
4. Pengamatan
Tanggapan perseorangan atas survai dan kelompok fokus terkadang berbeda dengan kelakuan orang sesungguhnya. Melalui pengamatan nasabah yang sedang beraksi dengan merekam mereka melalui video di toko, di tempat kerja atau di rumah, maka Anda dapat mengamati tingkah laku pembelian mereka yang sebenarnya. Ini meyediakan gambaran yang lebih akurat kepada Anda mengenai kebiasaan penggunaan nasabah dan pola berbelanja.
5. Uji Coba Lapangan
Menempatkan produk baru dalam beberapa toko pilihan untuk menguji tanggapan nasabah dalam kondisi penjualan nyata dapat membantu Anda dengan informasi mengenai modifikasi produk, penyesuaian harga atau penyempurnaan kemasan. Membangun hubungan dengan pemilik toko setempat dan Website dapat membantu pemilik bisnis kecil untuk menguji produk mereka.

Jika kita sering memperhatikan dalam sistem peperangan hal yang paling penting sebenarnya bukan masalah kita perang dan menyerang namun juga sistem pertahan yang sangat solid untuk dapat menjaga daerah sendiri dari gempuran musuh . berikut merupakan penjelasan dari sistem bertahan atau lebih di kenal dengan Kedudukan Bertahan .Namun selain itu harus ada juga elemen penting lainya yang mendukung pertahan militer sebuah perusahan  di antaranya Pertahaan sisi (Flanking Defense) ; Pertahanan Aktif mendahaului (Preemtive Defense) ; Pertahanan Serang Balas(Counterofffensive) ; Pertahanan Mobilitas ; Aksi penciutan. Sebuah pertahanan disini bukan di artikan bahwa perusahaan hanya bertahan dan berdiam diri saja . yang di maksud dengan melakukan pertahanan dengan serang balas adalah bahwa perusahaan melakukan suatu kegiatan dunia pemasaran yang bukan untuk mamasarkan suatu produknya melainkan di lakukannya suatu kegiatan yang dinamakan dengan Riset pasar.

Pertahanan Serangan Balas (Counteroffensive Defense).  Bila perusahaan yang merupakan pemimpin pasar di serang – padahal sudh melakukan manuversayap dan pedudukan -, maka reaksi pertama adalah serangan balasan . Pemimpin pasar tidak boleh tinggal diam dalam menghadapi tindakan –tindakan pesaing seperti pemotongan harga,promoso mendadak , perbaikan produk atau masuknya mereka ke daerah penjualan nya .perushaaan pemimpin ini memiliki pilihan strategis untuk menghadapi serangan frontal  dengan ujung tombak  atau maneuver balasan utnuk menyerang lambung lawan atau melansir gerakan menjepit untuk memotong formasi serang dari basis operasinya .

Clearsil ,market leader dalam bisnis obat jerawat , tiba tiba saja sadar bahwa dirinya sedang di serang oleh Oxy-5 dengan promosi yang gencar , menanggapi ini Clearsil membalasnya dengan serang promosi yang bertahap .

                Kadang kadang bagian pasar menyusut dengan cepar sehinga memang di perlukan tindakan  balasan langsung. Tetapi pihak – bertahan yang memiliki keunggulan strategis sering kali dapat memprakasai serangan awal dan bertahan secara efektif pada kesempatan pertama . Pada banyak sistuasi , ada baiknya juga sedikit mundur selangkah dan membiarkan serangan berkembang terus sebelum di lakukan tindakan balasan sambil menunggu saat yang memberikan peluang. Strategi menunggu ini kelihatannya memang berbahaya  ,tetapi ada beberapa perimbangn matang untuk tidak dengan segera membalas tindakan lawannnya .

Bagi pihak yang bertahan , jawaban yang lebih baik atas serangan itu adlah istirahat sebentar dan mulai mengidentifikasi adalah celah celah pada pakaian penyerang ,adalah kelemahan pada berbagai tindakan lawan ,atau adalah kemungkinan di segmen pasar yang bisa di masuki dengan tindakan balasan . Di Indonesia P.T Astra International memperkenalkan model BMW -352 sebagai pilihan dari Honda Accord dengan ciri sebagai kendaraan yang bermutu tinggi dari jerman barat dengan harga yang hamper sama .

Ada satu contoh bagus tentang bagaimana perusahaan Menjepit Serangan Lawan . yaitu di tahun 19960 an Heubleun melancarkan strategi untuk mengamankan vodka Smiirrnof-nya dari serangan Wolfschmidt . Wolfschmidt memasang  harga vokanya sedollar lebih murah sambil menyatakan bahwa mutunya sama saja dengan Smirrnof . Heubleun menanggapinya dengan menaikan harga Semirrnof satu dollar lebih tinggi sambil memperkuat dua merk lainnya . Satu merk untuk langsung menghadapi wolfschmidt (dengan harga sama ) , dan merk lainnnya untuk membanyangi Wolfschmidt(dengan harga yang lebih murah ).

Bila penjualan milik  market leader di ganggu , maka tindakan balasan yang efektif adalah dengan masuk kedaerah utama milik penyerang , sehinga sebagian pasuka penyerang segera kemballi untuk memepertahankan daerahnya sendiri .Sebagai contoh salah satu jarak yang paling menguntungkan maskapai penerbangan Nortwest adalah Minneapolis - Atlanta. Satu perusahaan yag relative kecil menurunkian drastis harga tiketnya  dan mengiklankan secara besar besaran untuk menaikan bagian pasarnya . Northwest membalas tindakan perusahaan tersebut dengan menurunkan tariff Mineapolis – Chicago ; seperti di ketahui , jarak ini merupakan pendapatan pokok  dari pesaing tersebut . Karena sumber pendapatan pokoknya terganggu hebat , maka perusahaan saingan tersebut akhirnya mengembalikan Mineapolis –Atlanta ke tingkat semula.

0 komentar:

Post a Comment